Pages

Raja Ahli Hadist

Asalamualaikum sobat^^.. artikel kali ini masih ada hubungannya dengan artikel saya yang kemarin tentang 'Mengenal ahli hadist', tetapi sekarang aku akan bercerita sedikit tentang Raja Ahli Hadist yaitu Imam Bukhari..

Dari ke-7 ahli hadist yang sudah aku ceritakan, Dua ahli hadist tertinggi adalah Imam Bukhari dan yang kedua Imam muslim. Oleh sebab itu Imam Bukhari paling dipegang riwayat haditsnya sob, kalau sudah diriwayatkan oleh Imam Bukhari tidak ada lagi ahli hadits yang mempermasalahkannya. Hadits riwayat Imam Muslim masih banyak dipermasalahkan kalau Imam Bukhari tidak ada lagi yang mempermasalahkannya. Beliau adalah seorang pemuda jenius, nama asli beliau Abu Abdillah Muhammad bin Ismail bin Bardizbah Al Bukhari, seorang yang sangat mencintai nabi Muhammad SAW.

Saat usianya 17 tahun beliau sudah hafal 200.000 hadits berikut sanad dan hukum matannya. Beliau di usia 17 tahun, seorang yang sangat jenius. Sehingga imam - imam lainnya di masa itu melihat bocah kecil ini sudah hafal puluhan ribu bahkan ratusan ribu hadits, diantara yg mengaguminya adalah Imam Muhammad bin Salam, salah seorang senior ahli hadits di masa itu, ia berkata "aku kalau meriwayatkan hadits tidak pernah gemetar kecuali jika ada bocah ini yaitu Imam Bukhari, kalau ia ada disini aku gemetar karena ia lebih tinggi hafalannya dari aku".

Ada kisah sob.. Al Imam Muslim suatu waktu mendapatkan permasalahan dalam hadits dan ia tidak mampu menjawabnya. Mencari jawaban tidak jumpa dan tidak ketemu akhirnya ia mendatangi Imam Bukhari dan ketika ia menyampaikan permasalah haditsnya maka Imam Bukhari menjawabnya seperti membaca surat al ikhlas, dengan gampangnya dan mudahnya Imam Bukahri menjawab. Maka berkata Imam Muslim "ijinkan aku mencium kedua kakimu wahai raja ahli hadits".

Imam Bukhari menulis kurang lebih 7000 hadits, yang beliau tulis diantara makamnya Rasulullah SAW dan mimbarnya Rasulullah Saw di Masjid Nabawi. Beliau berwudhu lalu shalat sunnah 2 rakaat kemudian menulis 1 hadits, dan kembali berwudhu lalu shalat sunnah 2 rakaat dan kembali menulis hadits sampai mencapai lebih dari 7000 hadits yang sampai saat ini dikenal dengan "Shahih Bukhari". Dan inilah Asshahhul Kitab, kitab yang paling shahih dari semua hadits - hadits yang shahih. Subhanallah.

Kisah lagi nih sob, Ketika Imam Bukhari ditimpa banyak fitnah maka para murid - muridnya berkata, "wahai imam, kenapa tidak kau jawab dengan fatwa - fatwamu, mereka - mereka yang memfitnahmu?". Imam Bukhari menjawab "aku teringat hadits Rasul Saw, akan kalian lihat hal - hal yang tidak kalian sukai daripada fitnah dan permasalahan kelak dan bersabarlah kalian sampai kalian berjumpa dengan aku di telaga haudku". Jika aku mendengar dan teringat hadits ini aku tenang dan tidak perduli dengan fitnah yang datang menimpaku.

Demikian sob, sedikit cerita yang aku ingat dari guruku.. Jujur merinding juga pas denger ini langsung.. hehe...
wasalam^^



9 komentar:

  1. kisah abu nawas mengatakan...:

    salam sob
    wow dalam usia semuda itu Beliau bisa hafal banyak hadits
    Subhanalloh..

  1. Wayah Bangun Utama mengatakan...:

    :) iya. beda ama kita.. hehe

  1. Ladida's Blog mengatakan...:

    benar2 jenius , .

    saya bangga punya ahli hadist seperti beliau . ,

  1. Wayah Bangun Utama mengatakan...:

    bahagialah kita ;)

  1. aciid !!!!!! mengatakan...:

    wahh.
    memank kesabaran adalah kunci melewati msalah yg kita hadapi :)

  1. Wayah Bangun Utama mengatakan...:

    iya bos.. sabar gak ada bataasnya^^

  1. JR Shoppe mengatakan...:

    Berapa ramai ulamak sekarang yg berani spt ulamak2 zaman dulu - difitnah & dipenjara? Ramai ulamak sekarang hanya pikir wang masuk kantung...dan takut berkata benar...subhanollah...

  1. Catatan Ngeblog mengatakan...:

    Subhanallah... aq kagum dengan beliau...

  1. Wayah Bangun Utama mengatakan...:

    @all.. thanks sudah mau berbagi suara..

    @JR iy.. sekarang uang sudah bisa membeli kebenaran.. huftt ~x(

    @catatan.. begitu juga aku ;)

Posting Komentar

 
Welcome to Blue Area © 2011 | Template by Blogger Templates Gallery collaboration with Life2Work