Pages

2060 : Suhu Dunia Naek 4 derajat Celcius

Cancun - Sebuah riset internasional yang meneliti tentang perubahan iklim menyimpulkan temperatur dunia akan melonjak 4 derajat celcius pada 2060. Studi yang nantinya akan digunakan sebagai acuan pertimbangan dalam konferensi perubahan iklim di Cancun, Meksiko ini dilakukan oleh sebuah tim yang dipimpin Universitas Oxford, Inggris.

Ketua tim peneliti Mark New mengatakan naiknya suhu bumi ini akan mengganggu ketersediaan makanan dan air di berbagai belahan dunia. "Sangat sulit untuk menurunkan temperatur dunia hanya meskipun hanya dua derajat saja," kata New, seperti dikutip Reuters, hari ini.

Salah satu penyebab meningkatnya temperatur bumi, kata dia, disebabkan emisi gas rumah kaca atau zat karbon yang dihasilkan industri di berbagai negara. Gas karbon itu dianggap menjadi pemicu peningkatan suhu yang mengakibatkan melelehnya gunung-gunung es di kutub utara dan meningkatnya permukaan air laut. "Estimasi kami, permukaan air laut akan meningkat antara 0,5 sampai 2 meter pada tahun 2100," katanya.

Untuk menghadapi cuaca ekstrim dan meningkatnya permukaan air laut, New memperkirakan dibutuhkan dana lebih dari US$ 270 miliar untuk membangun tanggul di sekitar laut, seperti yang dilakukan pemerintah belanja.

Itu belum termasuk biaya pemenuhan bahan pangan dan air yang semakin terbatas serta migrasi penduduk. New memprediksi lebih dari 187 juta orang akan berpindah dari daerah yang kering ke tempat subur.



source


0 komentar:

Posting Komentar

 
Welcome to Blue Area © 2011 | Template by Blogger Templates Gallery collaboration with Life2Work