Pages

SInetron Indonesia VS Drama Korea

Demam Korea sedang melanda di Indonesia khususnya bagi para pecinta drama Korea, yang mayoritasnya adalah remaja. Remaja itu pasti tidak asing dengan sinetron atau film-film Korea. Selain ceritanya yang fresh, aktor dan aktrisnya juga punya andil besar dalam suksesnya film Korea itu.

Apabila aktor/aktrisnya cakep tentu kita akan setia mengikuti alurnya. Tentunya tidak hanya modal tampan atau cantik saja yang disuguhkan, akting dari para pemerannya juga keren. Tapi tahu ngga? Banyak lho sinetron Indonesia yang meniru drama Korea, seperti Janji Jaya meniru Samsoon, Cincin meniru Glass Shoes, Dua Hati meniru Snow Angel, dan kalau dihitung masih banyak lagi deh sinetron Indonesia yang  meniru film Korea tanpa memberi lisensi dari film aslinya.

Tapi tenang, ada juga kok yang meminta lisensi dari film aslinya, walaupun nggak banyak sih, seperti Penyihir Cinta (Magician of Love) dan Putri Kembar (Twins).

Banyak film Indonesia yang meledak tapi ceritanya adalah cerita tiruan dari drama Korea, sebut saja Buku Harian Nayla. Tidak banyak yang tahu (atau mungkin banyak yang tahu?) kalau film yang dibintangi Glen Alinski dan Chelsea Olivia itu hanyalah film yang meniru drama Korea berjudul One Litre of Tears.

Di Korea sendiri untuk bisa menjadi aktor/aktris sangatlah ketat persaingannya. Pernah ada aktris yang sampai bunuh diri karena tidak kuat menghadapi persaingan di dunia hiburan Korea. Dan dengan enaknya Indonesia menjiplak film-film Korea. Bisa bayangkan dong perasaan orang-orang Korea? Mungkin mereka akan berkata : “Meledak karena meniru, apa tidak malu?”. Bedanya, episode sinetron Indonesia jauh lebih banyak dibanding sinetron jiplakannya.

Indonesia benar-benar mengagumkan dalam penciptaan masalah dalam sinetron, tiap hari ada-ada saja masalah dalam sinetron itu. Kalau tahu tentang fakta ini, kira-kira siapa yang akan kamu dukung? Yang orisinil atau yang bajakan?



3 komentar:

  1. Anonim mengatakan...:

    bener banget. indonesia kebanyakan niru.

  1. Waythree mengatakan...:
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  1. Anonim mengatakan...:

    i dont like sinetron.....
    ga bermutu

Posting Komentar

 
Welcome to Blue Area © 2011 | Template by Blogger Templates Gallery collaboration with Life2Work