Pages

SMS Merusak EYD

SMS yang merupakan kepanjangan dari (Short Messages Servis) ialah layanan aplikasi pada telepon genggam atau handphone atau telepon  selular yang berfungsi untuk saling mengirim dan menerima pesan.

Dengan kecanggihan teknologi, layanan ini sangat membantu kita untuk berkomunikasi lewat teks atau tulisan dengan orang-orang yang dekat dengan kita bahkan orang yang jauh dari kita sekalipun.

Layanan ini sangat bermanfaat, dari segi ongkos (pulsa) –nya yang relatif murah dibanding lewat surat pos yang menggunakan perangko yang tak semurah pulsa, waktu pengiriman dan penerimaan pesan pun jauh lebih cepat lewat SMS dari pada Surat POS.

Pengguna layanan (SMS) ini pun banyak digunakan orang tua, dewasa, remaja mulai dari SMA, SMP, bahkan SD sekalipun. Penggunaan bahasanya pun bervariasi, ada yang tanpa disingkat, namun sering kali bahasanya disingkat-singkat misalnya: qm geap ckrng?? = kamu lagi apa sekarang?? dsb.

Dan banyak pula yang di sisipkan bahasa asing, misalnya: btw (by the way) = ngomong-ngomong, maybe = mungkin, dsb. Bahkan tak jarang yang menyisipkan angka yang dibaca sebagai huruf, misalnya: 5 = ma, 9 = enggak atau huruf g, t4 = tempat,  dsb. Apakah bentuk penulisan bahasa-bahasa tersebut sesuai dengan aturan dalam bahasa indonesia yang sesuai Ejaan Yang Disempurnakan (EYD)?

Penggunaan layanan SMS inilah yang juga mampu merusak bentuk penulisan bahasa indonesia yang sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Sering kali bentuk penulisan bahasa dalam SMS pun digunakan khususnya para remaja saat mereka menulis, mencatat bahkan penulisan jawaban pada lembar jawab ketika mereka ulangan.

Oleh karena itu perlu adanya kesadaran pada diri kita sendiri agar tidak menggunakan bahasa SMS yang tidak sesuai Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) dalam proses pembelajaran di sekolah. Perlunya juga bantuan dari para guru bahasa indonesia untuk memberi bimbingan, ajaran serta aturan untuk bentuk penulisannya tidak menggunakan bentuk penulisan pada SMS dan sesuai dengan bentuk penulisan bahasa indonesia yang sesuai Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).

2 komentar:

  1. Anonim mengatakan...:

    Alay generator mode on

  1. Waythree mengatakan...:
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar

 
Welcome to Blue Area © 2011 | Template by Blogger Templates Gallery collaboration with Life2Work