Pages

Mengenal Tokoh Imam Besar atau Ahli Hadist

Hai sobat.. istilah Hadist kayaknya gak asing deh buat kalian. Tentu kalian mengetahui para Ahli Hadist, tapi mungkin ada beberapa yang belum mengenal atau belum tahu cerita dari ahli Hadist itu sendiri. Nah sekarang aku mau sedikit cerita tentang para ahli Hadist tersebut.^^

Terdapat 7 Imam Besar atau Ahli Hadist yang kita kenal dan yang terkuat riwayatnya diantara lainnya, yaitu Al Imam Ahmad bin Hambal, Al Imam Nasa'i, Al Imam Tirmidzi, Al Imam Ibn Majah, Al Imam Abi Dawud, Al Imam Muslim dan Al Imam Bukhari. Ketujuh imam ini lebih kuat riwayatnya daripada yang lainnya. Yang lainnya masih banyak, ada Imam Daruquthni, Imam Hakim dan lainnya. Terus yang ketujuh ini diklasifikasikan lagi yaitu menjadi "Imam Kutubussithah" yaitu 6 Imam Besar yang tadi disebutkan terkecuali Imam Ahmad bin Hambal.


Imam Ahmad bin Hambal

Imam Ahmad bin Hambal peringkat yang nomor 7 dan yang terakhir dan tidak termasuk dalam klasifikasi 6 imam besar. Beliau ini hafal 1 juta hadits beserta sanad dan hukum matannya. Dan Imam Ahmad bin Hambal terkenal dengan gelar "Sayyidul Huffadh", salah seorang dari yang paling banyak hafalan haditsnya. Ini derajat yang ketujuh, bagaimana dengan imam - imam besar yang diatas beliau sob?

Ada yang tahu gak? Imam Ahmad bin Hambal ini adalah murid Imam Syafi'I loh, Oleh sebab itu, jika masa sekarang muncul orang yang menghina, meremehkan fatwa Imam Syafi'i, mungkin ia tidak mengerti siapa Imam Syafi'i. imam Syafi'i mempunyai murid yang banyak diantaranya Imam Ahmad bin Hambal dan beliau hafal 1 juta hadits beserta sanad dan hukum matannya (wow.. kita hanya sedikit kali yaa).

Ada kisah nih, ketika salah seorang datang kepada Imam Ahmad bin Hambal bahwa ia ingin menjadi muridnya, Imam Ahmad bin Hambal memberikan 1 tumpukan hadits seraya berkata "ini ada 10.000 hadits, kau hafalkan dulu kalau sudah hafal baru bisa jadi muridku". Demikian syaratnya menjadi murid seorang imam besar, seorang muhaddits besar dan orang semacam Imam Ahmad bin Hambal tidak akan menerima seorang murid terkecuali ia telah menghafal lebih dari 10.000 hadits.maka orang tersebut menghafal hadits - hadits tersebut, ketika ia lulus dan mampu ia datang kepada Imam Ahmad bin Hambal seraya berkata "aku sudah hafal wahai imam, 10.000 hadits yang kau berikan". Imam Ahmad bin Hambal berkata, "itu 10.000 hadits adalah hadits palsu, bukan hadits yang shahih, bukan pula hadits hasan bukan pula hadits dhaif derajatnya tapi terkecuali itu adalah hadits palsu". Maka berkata muridnya "wahai imam, kau beri aku 10.000 hadits palsu?", dan Imam Ahmad menjawab "itu untuk memperkuat hafalanmu".

Itu dia sob cara mereka menjaga ilmu hadits, kenapa? Jika kau menghafal hadits shahih dan salah, kau akan menipu umat hingga akhir zaman. Oleh sebab itu diberi hadits palsu, kalau salah tidak berdosa, tidak menipu umat. Jika kuat hafalannya baru diberikan hadits - hadits shahih dan dimasa itu hadits tidak ditulis tapi dihafal  Berbeda dengan masa sekarang, di masa itu sangat sedikit sekali hadits yang ditulis, semacam Imam Ahmad bin Hambal yang hafal 1 juta hadits beserta sanad dan hukum matannya dan beliau hanya sempat menuliskan 20.000 hadits saja di dalam Musnadnya. Dan 980.000 hadits itu sirna dengan wafatnya beliau dan wafatnya murid - muridnya. Ada yang terjaga pada murid - muridnya jika murid - muridnya tiada menulisnya maka akan sirna. 980.000 hadits dari sanubari Imam Ahmad bin Hambal (hanya 20.000 hadits yg tertulis)

Nah sob, untuk kisah Imam Bukhari akan aku post next time hehe... Sedikit gambaran  di umur 17 tahun beliau sudah hafal 200.000 hadits berikut sanad dan hukum matannya. Penasaran lanjutanya?? nanti ya.. :p


NB: Sanad yaitu jalan yang menghubungkan hadist dengan Rasulullah. Contoh seperti kata Al-Bukhari Telah memberitakan kepadaku Muhammad bin Al-Mutsanna ujarnya ‘Abdul Wahhab ats-Tsaqafi telah mengabarkan kepadaku ujarnya ‘Telah bercerita kepadaku Ayyub atas pemberitaan Abi Qilabah dari Anas dari Nabi Muhammad SAW.




sumber dari berbagai buku




9 komentar:

  1. sibutiz mengatakan...:

    wach,sejarah yang saya cari2 ni...
    makasih kawan..
    di tunggu yang selanjutnya ya kawan..
    kalau bleh request saya ingin sejarahnya sekh abdul qodir zaelani...
    thx

  1. Wayah Bangun Utama mengatakan...:

    iya brow sama".. ;)

    InsyaAllah q share disni.. :)

  1. danupuspito mengatakan...:

    mantap kalo ane sering2 maen kesini... bertambah ilm ane... makasih sob..

  1. Wayah Bangun Utama mengatakan...:

    sama" berbagi ilmu hehehe...

  1. g terlalu tertarik aku ama bab2 agama sob :))

  1. Wayah Bangun Utama mengatakan...:

    yang tertarik aje zz

  1. Ladida's Blog mengatakan...:

    wah . , sangat berguna artikelnya sob . ,

    jgn cuma tau hadistnya , tp juga ahli hadistnya . ,

  1. Wayah Bangun Utama mengatakan...:

    betul betull.. sering x tau hasil karya tnp tahu siapa pembuatnya hmm

  1. Materi Kuliah mengatakan...:

    bukan cuma hasil ma karya pembuatnya... tapi liatin juga bener ngak ini hadistnya beneran asalnya dari Nabi, kalau bukan dari Nabi Muhammad As bukan hadist namanya sob jadi karya sastra dech :D

Posting Komentar

 
Welcome to Blue Area © 2011 | Template by Blogger Templates Gallery collaboration with Life2Work