Pages

Penyebab Gigi Kuning

Salam brader^^

Well sekarang aku mau berbagi masalah kesehatan yang mungkin sepele bagi kamu. 
Kita mungkin ingin tampil sempurna saat pacaran atau nge-date.. dari ujung kepala ampe ujung kaki pokoknya harus sempurnaa daahh...
Tapi bagaimana klo kita nemuin masalah sepele yang satu ini.. 'gigi yang kuning?'  kita sudah menggosok berulang kali, tp tetep aja kuning... kita gak mau kan dibilang jorok, tengsi dong.. hehe..
Anyway, setelah aku muter" kesana kemari, kesana lagi... aku nemuin beberapa faktor penyebab gigi kuning. and mungkin bisa jadi pertimbangan agar gigi tidak cepat kuning..Check it out

Obat Mata
Mungkin sobat bingung, apa hubungan obat tetes mata dengan kuningnya gigi. Namun, obat tetes mata ini memang menjadi salah satu penyebab gigi menjadi kuning. Kandungan kimia dalam obat tetes mata menekan produksi saliva. Di mana saliva akan menetralisir asam di dalam mulut. Karena jumlah saliva ini berkurang, secara otomatis asam di dalam mulut akan meningkat. Di sini bakteri akan berkembang biak lebih pesat, sehingga gigi menjadi kuning.


Berenang
Hasil studi yang dilakukan terhadap 500 orang perenang menyebutkan bahwa 66% dari perenang mengalami kerusakan pada gigi serta gigi kuning. Hal ini disebabkan karena kandungan klorin yang tinggi di dalam air kolam. Klorin tersebut mempengaruhi pH air yang menyebabkan kandungan asamnya lebih tinggi. Untuk itu, jangan lupa menyikat gigi setelah berenang.

Pemutih gigi
Bagaimana bisa pemutih gigi malah membuat gigi menjadi kuning? Well, ternyata cara kerja pemutih gigi ini tidak sesederhana yang kita pikirkan. Kebanyakan, pemutih gigi bekerja dengan mengerosi gigi. Dan seringkali, pemutih gigi yang dikenakan di rumah, tidak bekerja secara maksimal. Bukannya memutihkan, mereka malah mengikis gigi, membuatnya rapuh dan kuning.
Menyikat gigi setelah makan yang manis
Saking takutnya ada bakteri yang tinggal di gigi, maka sobat akan buru-buru menyikat gigi setelah makan yang manis-manis. Benarkah hal ini? Ternyata justru hal ini salah. Setelah proses pengunyahan, maka mulut cenderung bersifat asam. Saat ini akhirnya gigi menetralisir keadaan mulut dengan mengeluarkan enamel untuk melindungi gigi. Jika sobat  terburu-buru menyikat gigi, maka enamel ini akan terbuang sia-sia dan bakteri justru bebas berkembang. Untuk itu sangat disarankan menyikat gigi setidaknya 1 jam setelah makan yang manis-manis.
  
Rokok
Selain penyakit diabetes, rokok juga membuat gigi menjadi kuning. Kandungan nikotin di dalam rokok menyebabkan ruang mulut menjadi asam, nikotin-nikotin terikat pada elemen gigi dan tinggal pada dinding-dinding gigi. Tak heran jika mereka yang merokok hampir sulit untuk punya gigi putih bersih.

Minuman berenergi
Karena dibuat untuk menggantikan energi dan garam yang hilang saat berolahraga, maka minuman berenergi dilengkapi dengan gula dan asam.
Berdasarkan studi yang dilakukan University of Birmingham, ditemukan bahwa minuman berenergi bersifat korosif ketimbang air mineral. Zat kimia yang terkandung dalam minuman berenergi cenderung merusak dan mengikis gigi.   

Membuka kemasan dengan gigi 
Saking kuatnya gigi dan tak ada gunting di sekitar , maka kamu memutuskan membuka kemasan dengan gigi sobat. STOP kebiasaan ini! Tanpa kamu sadari, kebiasaan ini akan membuat gigi lebih mudah rapuh dan lemah. Ketika gigi rapuh, secara otomatis warnanya tidak akan sehat dan cenderung menguning. 









3 komentar:

  1. sibutiz mengatakan...:

    makasih infonya ka..
    bermanfaat banget....
    please coment back...

  1. Kelpo mengatakan...:

    Banyak yang baru tahu nih :)

Posting Komentar

 
Welcome to Blue Area © 2011 | Template by Blogger Templates Gallery collaboration with Life2Work