Pages

Prasangka Baik, Salah Satu Sifat Penghuni Surga

Demi Mencari Sesuap Nasi
Ehem..Ehem...Aku disini ingin sharing saja dan tidak bermaksud menggurui atau apa, tentang salah satu sifat penghuni surga. Berawal dari salah satu hadist yang pernah aku baca kurang lebih seperti ini.

Rasulullah bertanya kepada para sahabat: "Maukah kalian kuberitahu tentang ciri-ciri penduduk surga seperti apa?", maksudnya bukan kesemuanya tetapi diantara sifat-sifatnya, maka Rasulullah melanjutkan: "Semua orang-orang yang lemah (dalam riwayat lain peminta-minta yang terusir dari pintu rumah)", terhadap orang yang dha'if (lemah) kita harus berhati-hati janganlah sampai kita menzhaliminya, karena jika dia berdoa kepada Allah maka Allah tidak akan menolaknya. 

Tetapi sobatku, ada yang lebih berbahaya dari seorang dha'if dia adalah mutadha'if yaitu seorang yang mampu namun ia sangat merendahkan dirinya sehingga tidak terlihat kemampuan dan kekuatannya, tidak terlihat bahwa dia adalah seorang yang mempunyai kedudukan, tidak terlihat kalau dia seorang yang mempunyai keluhuran dan kemuliaan, ia selalu merendahkan dirinya serendah rendahnya, orang yang seperti itu lebih berbahaya lagi maka hati-hati terhadap orang seperti itu jangan sampai kita menzhaliminya.

Mungkin salah satu contohnya yaitu kita harus berhati-hati terhadap para pengemis di jalanan barangkali kita akan cemburu dengan keadaannya kelak di hari kiamat, sekarang kita melihat ia kesusahan mungkin nanti kita akan cemburu dengan istananya kelak di surga, namun bukan berarti kita bertujuan untuk menjadi seperti mereka tetapi hal itu menjadi pelajaran bagi kita, karena Allah subhanahu wata'ala mengajarkan kita untuk berprasangka baik, maka berhati-hatilah kita terhadap orang yang lemah atau yang merendahkan diri, karena orang itu belum tentu lemah.

Kesimpulan diatas menurutku, Perihalah Prasangka Baikmu Dimanapun dan Kapanpun kamu berada, niscaya kelak kita akan menjadi salah satu penghuni Surga. Amin. 


16 komentar:

  1. safru mengatakan...:

    Terima kasih atas pencerahannya sob

  1. Wayah Bangun Utama mengatakan...:

    sipp sama"... bole di share kok... biar ktia dpt pahala^^

  1. zuL mengatakan...:

    Mantap pencerahannya sobat...

  1. Wayah Bangun Utama mengatakan...:

    iya sama"... sesama saling mengingatkan.. hihi^^

  1. Computer Word mengatakan...:

    Ajib gan kultumnya....pas...

  1. Wayah Bangun Utama mengatakan...:

    sama" mas hehe... bukan kultum mas.. sharing doang :p

  1. Natural Health mengatakan...:

    greeting friendships and keep be healthy

  1. Muhammad Chandra mengatakan...:

    sesama blogger juga harus berprasangka baik , hehehe ^_^

  1. waythree mengatakan...:

    pasti dong mas.. tp klo orangnya kyk mas chandra dpkir" dl deh =)).


    bcnda - bcnda :D

  1. eko susilo mengatakan...:

    Prasangka baik akan membawa kita ke ketenangan// percaya ga?

  1. Wayah Bangun Utama mengatakan...:

    percaya mas.. kan klo kita berprasangka baik.. pikiran jadi tenang" aja ;)itu sih pndptku ;))

  1. sibutiz mengatakan...:

    keren banget gan tulisanya....
    makasih,,,
    nambah pencerahan nich..

  1. Media Semarang mengatakan...:

    Wah pencerahan di pagi hari nich
    Bikin nambah semangat dalam beraktifitas

  1. Ladida mengatakan...:

    hidup selalu positif thinking , .

    saya pernah berfikir jelek trhadap seseorang , e malah saya pnya nasib sama sperti org yg saya sangka jelek tadi . ,

    pencerahan yg bagus kawan !!

  1. mieny_angel mengatakan...:

    Aku selalu prasangka baik kan, iyakan. Orang Udah tua ajah ku puji2 masih ciut... baikkan aku ;)

  1. Wayah Bangun Utama mengatakan...:

    trimakasih my friends^^... smoga kita smwa dapat slalu berprasangka baik... ^^


    @mieny.. awas yaaa :-L

Posting Komentar

 
Welcome to Blue Area © 2011 | Template by Blogger Templates Gallery collaboration with Life2Work